Pengumuman "Teks Berjalan".swf

SMK 1 CITRA ADHI PRATAMA Menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024-2025 untuk Kompetensi Kejuruan : 1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), 2. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) 3. Komputer Multimedia (MM)/ Desain Komunikasi Visual (DKV) | Untuk mengisi Formulir Pendaftaran silakan Klik Link Berikut https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc8tu2q762gahzH4AmNtbzkvzHUKPbi0wOXimaqbHleVeGsXg/viewform atau scan QR Code yang ada di Brosur ataupun di Web | Admin Mengucapkan : "SELAMAT BERGABUNG DENGAN Web/Blog SMK 1 CITRA ADHI PRATAMA - JAKARTA ", Jadwal Uji Sertifikasi Kompetensi Keahlian (USK) Tahun Pelajaran 2023/2024 : 1-2 Maret 2024 MPLB, 4-5 Maret 2024 AKL dan 6-7 Maret 2024 Multimedia mulai pukul 07.00 s.d. 16.00 | Hasil Uji Sertifikasi Kompetensi 1. MPLB Kompeten 83,1 %, 2. AKL Kompeten 100%, 3. Multimedia Kompeten 100%, Rata-rata Kompeten 94,4 % | UJIAN PRAKTEK SEKOLAH TP. 2023/ 2024 dilaksanakan Mulai Tanggal 19-02-2024 Pukul 07.00 - 14.00 WIB.(Pend. Agama); 20-02-2024 Pukul 07.00 - 14.00 WIB. (Bahasa Indonesia); 21-02-2024 Pukul 07.00 - 14.00 WIB. (Seni Budaya); 22-02-2024 Pukul 07.00 - 14.00 WIB. (Kewirausahaan); 234-02-2024 Pukul 07.00 - 14.00 WIB. (Penjasor) | Ujian Semester VI (Kelas XII) & ATS Kls X, XI Mulai Senin, Tgl 18 Maret 2024 s/d. Jum'at, 22 Maret 2024 (Jadwal Terlampir di papan pengumuman sekolah)| Jadwal Ujian Sekolah (US) mulai Senin Tgl. 25 Maret 2024 s.d Jumat, 29 Maret 2024(Jadwal terlampir di papan pengumuman sekolah)| Pengumuman Hasil US/UNBK (2 Mai 2024) | (Jadwal Terlampir di papan pengumuman sekolah)| SMK 1 CITRA ADHI PRATAMA Membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/ 2025 Bidang Studi : 1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), 2. Mnajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), 3. Multi Media (MM)/ Desain Komunikasi Visual (DKV) | Pelaksanaan Test Penjurusan Peserta Didik Baru Dilaksanakan pada hari Jumat/ tanggal 5 Juli 2024 Pukul 07.00 s/d. Selesai | Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru 2024/2025 | Tgl. 8 Juli 2024 | By. Ir. Ade Wira Darmanto | "http://smk1citra.blogspot.com"> https://www.facebook.com/smk1cap/?ref=bookmarks"

Brosur PPDB Tahun 2024/ 2025 (Depan)

Brosur PPDB Tahun 2024/ 2025 (Depan)
Halaman 1

Brosur PPDB Tahun 2024/ 2025 (Belakang)

Brosur PPDB Tahun 2024/ 2025 (Belakang)
Halaman 2

Kalender Pendidikan TP. 2020/2021 DKI Jakarta

Rekomendasi Jurusan SMK yang Sesuai dengan Era Revolusi Industri 4.0


Revolusi Industri 4.0


Rekomendasi Jurusan SMK Sesuai dengan Era Revolusi Industri 4.0

1. Teknik Permesinan
Program keahlian Teknik Pemesinan (TP) membekali siswa tentang keterampilan dalam bidang perencanaan dan pembuatan mesin perkakas industri, baik menggunakan mesin manual maupun mesin berbasis komputer (CNC).

Seiring dengan era industrialisasi 4.0, jurusan ini sangat pas dalam mencukupi kebutuhan dalam dunia industri. Dunia industri yang tumbuh secara signifikan akhir- akhir ini membutuhkan banyak tenaga ahli dalam bidang permesinan untuk merawat, memelihara ataupun menggunakan berbagai macam alat atau mesin yang tersedia.

Peluang kerja lulusan jurusan ini adalah pekerjaan sebagai teknisi mesin, dalam pelbagai bidang pekerjaan seperti memproduksi barang, dan melakukan pekerjaan jasa pembuatan barang baik di perusahaan atau secara mandiri.

2. Teknik Komputer dan Jaringan
Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu dalam rumpun Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mempelajari tentang ilmu komputer. Teknik Komputer dan Jaringan menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati siswa mengingat era global sekarang ini yang semuanya berbasiskan komputer. Dengan penguasaan ilmu komputer tentunya akan lebih mudah dalam menghadapi tantangan jaman.
Adapun yang dipelajari dalam jurusan TKJ adalah perakitan PC, perawatan PC, instalasi jaringan baik lokal maupun luas, merancang bangun dan administrasi sistem jaringan dan sebagainya.

Lulusan SMK jurusan TKJ memiliki peluang yang luas baik bagi siswa lulusan yang ingin melanjutkan ke jenjang lanjut yaitu kuliah maupun bekerja setelah lulus SMK. Ada banyak universitas atau sekolah tinggi yang membuka jurusan yang sesuai dengan jurusan ini. Sedangkan bagi siswa lulusan yang ingin bekerja, karir kerja bisa dimulai dari teknisi komputer baik di perusahaan maupun perkantoran.

3. Tata Boga
Industri pariwisata yang kian berkembang menjadikan dunia kuliner sebagai hal yang terpisahkan. Jurusan tata boga menjadi sebuah jawaban bagi tantangan jaman tersebut. Siswa lulusan SMK jurusan tata boga mempunyai prospek peluang kerja yang sangat luas. Mereka bisa bekerja di hotel atau restauran sebagai juru masak sambil mengembangkan ilmunya untuk bersekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu jurusan tata boga juga berpeluang menciptakan lapangan kerja sendiri dengan mengembangkan bisnis kuliner yang akhir- akhir booming. Dalam era Industri 4.0, tata boga akan memadukan unsur teknologi di dalamnya, seperti pelibatan media sosial, desain grafis, dan sebagainya.

4. Multimedia
Bidang multimedia sangat dibutuhkan sekarang ini mengingat era global yang menuntut keterampilan pada bidang ini. Industri periklanan, pertelevisian, game development, animasi, blog, grafis, penyuntingan video banyak membutuhkan skill multimedia ini. Tentu saja keterampilan mesti ditingkatkan lagi dengan melanjutkan ke jenjang berikutnya.

5. Teknik Mekatronika
Teknik mekatronika merupakan perpaduan dari bidang mekanik dan elektronika. Jurusan ini relatif baru dibandingkan dengan jurusan lainnya. Teknik Mekatronika merupakan salah satu kompetensi keahlian dari rumpun teknik elektronika setelah Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, dan Instrumentasi medik. Seiring dengan revolusi industri 4.0, bidang teknologi akan senantiasa berkembang, perlahan-lahan, sumber daya manusia akan digantikan oleh root sehingga siapa saja yang menguasai kompetensi keahlian ini akan selalu dibutuhkan. Dengan keahlian ini, akan dapat dirancang alat- alat baru yang memudahkan kebutuhan manusia sekarang.

6. Rekayasa Perangkat Lunak
Jurusan ini masih dalam rumpun dengan jurusan lain yang relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi seperti Multimedia dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Jurusan Rekayasa perangkat Lunak( RPL) merupakan sebuah jurusan di SMK yang berkutat pada masalah teknologi komputer yang mempelajari tentang perkembangan perangkat lunak pada komputer yang meliputi pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Jurusan ini berhubungan erat dengan pembuatan program, peng-coding-an, dan atau pembuatan web. Di jaman sekarang, jurusan ini sangat dibutuhkan mengingat banyaknya perusahaan startup- startup yang berkembang. Melalui keterampilan jurusan ini, beberapa tahun ke depan akan dikembangkan inovasi- inovasi baru yang mungkin sekarang ini belum ada.

Penutup
Itulah 6 jurusan SMK yang sesuai dengan revolusi industri 4.0. Dengan tidak mengesampingkan jurusan lainnya, jurusan inilah yang dirasa cocok untuk jaman tersebut. Tentu saja, masih banyak jurusan lain yang belum saya sebutkan disini. Ada tambahan jurusan yang dirasa cocok untuk revolusi industri 4.0, silahkan tuliskan pada kolom komentar ya..

Semoga sukses.
Salam.

PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI P2KGK JAKARTA BARAT

Latar Belakang

Menyongsong ASEAN Free Trade Area (AFTA) Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 yang merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional, dimana persaingan Sumber Daya Manusia juga termasuk di dalamnya, maka diperlukan suatu Skema Sertifikasi bagi Karyawan Perusahaan agar bisa berkompetisi dengan Sumber Daya Manusia Asing, khususnya di regional ASEAN.

Tujuan Workshop

Menjadikan Praktisi Kompeten dalam mempersiapkan, melaksanakan dan evaluasi Uji Kompetensi (Proses HR Planning, Proses Rekrutmen, Proses Uji Compensation & Benefit, Proses Training & Development, Proses Uji Performance Management, Proses Uji Industrial Relation, dan Proses Uji Kompetensi dalam rangka Promosi Jabatan / Level Grade).

Cakupan

Perkembangan teknologi dan cara bekerja telah mengubah kebutuhan industri akan tenaga kerja serta ketrampilan yang perlu dimiliki. Kompetensi seseorang perlu disesuaikan dengan kebutuhan di industri. Berbagai pelatihan diadakan dengan beragam keunikannya masing-masing. Namun demikian sejauh mana hasil pelatihan telah dapat diterima oleh peserta pelatihan, hal yang berikutnya adalah bagaimana juga mengukur kompetensi seseorang atas suatu keterampilan apakah sudah sesuai standar industri?

Asesmen merupakan proses yang akan mengukur kompetensi seseorang baik yang diperolehnya melalui pelatihan, pembelajaran mandiri, pengalaman kerja atau lainnya. Untuk dapat melaksanakan asesmen dibutuhkan seorang asesor yang telah memiliki kompetensi secara metodologi dalam melaksanakan asesmen sesuai standar asesmen yang ada.

Kebutuhan akan tenaga asesor saat ini masih jauh dari jumlah tenaga kerja yang harus diukur dalam sistem sertifikasi profesi. Penciptaan tenaga asesor sangat diperlukan untuk dapat segera mengukur kompetensi tenaga kerja yang ada sehingga mereka dapat segera diserap oleh industri atau memperoleh gambaran akan letak kesenjangan kompetensi mereka sehingga dapat dilakukan pelatihan yang terfokus.

Materi pembelajaran bagi calon asesor kompetensi untuk kompetensi metodologi asesmen ini dibuat mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

Materi & Agenda

Hari ke-1

  • Sesion 1 Pengantar tentang BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  • Sesion 2 ASESOR
  • 2.1 Pendahuluan
  • 2.2 Hak dan Kewajiban Asesor
  • 2.3 Kompetensi Asesor
  • 2.4 Prosedur menjadi Asesor Kompetensi LSP Lembaga Sertifikasi Profesi
  • 2.5 Kedudukan Asesor dalam sertifikasi
  • 2.6 Sistem UJK Uji Kompetensi di LSP Lembaga Sertifikasi Profesi
  • 2.7 Peran Asesor dan Kandidat
  • 2.8 Kesalahan Umum yang sering dibuat Asesor
  • 2.9 Kode Etik Asesor LSP
  • 2.10 Pelatihan Materi Asesor

Hari ke -2

  • Sesion 3 STANDAR KOMPETENSI & SKKNI Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia
  • 3.1 Pendahuluan
  • 3.2 Standar Kompetensi
  • 3.2.1 Jenis-jenis Standar Kompetensi
  • 3.2.2 SKKNI
  • 3.2.3 Bentuk Standar Kompetensi
  • 3.2.4 Ciri-Ciri Pokok Standar Kompetensi (Ringkasan)
  • 3.2.5 Tinjauan Model Dasar Kompetensi
  • 3.3. Pelatihan Materi SKKNI
  • Sesion 4 KONSEP CBT/CBA Competency Based Training
  • 4.1 Pendahuluan
  • 4.2 Tuntutan Industri dan Perubahan Ketrampilan SDM
  • 4.3 Competency Based Training/Assessment (CBT/CBA)
  • 4.4 Asesmen
  • 4.4.1 Bukti – Bukti
  • 4.4.2 Jenis-Jenis Asesmen
  • 4.4.3 Prinsip-Prinsip Asesmen
  • 4.4.4 Aturan Pengumpulan Bukti
  • 4.4.5 Dimensi Kompetensi
  • 4.5 Pelatihan Materi CBT/CBA

Hari ke-3

  • Sesion 5 PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN ASESMEN (TAAASS401C )
  • 5.1 Pendahuluan
  • 5.2 Units Kompetensi
  • 5.2.1 Menentukan pendekatan asesmen
  • 5.2.2 Mempersiapkan rencana asesmen
  • 5.2.3 Kontekstualisasi dan pengkajian rencana asesmen
  • 5.3 Jenis-jenis metode asesmen
  • 5.4 Pra-Asesmen
  • 5.5. Pelatihan Materi POA (TAAASS401C )

  • Sesion 6 PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN (TAAASS403B )
  • 6.1 Pendahuluan
  • 6.2 Unit – Unit Kompetensi
  • 6.2.1 Menentukan Fokus perangkat Asesmen
  • 6.2.2 Menentukan kebutuhan perangkat asesmen
  • 6.2.3 Merancang dan mengembangkan alat asesmen
  • 6.2.4 Meninjau dan menguji alat asesmen
  • 6.3 Pelatihan Materi DAT (TAAASS403B )

Hari ke-4

  • Sesion 7 MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI (TAAASS402C)
  • 7.1 Pendahuluan
  • 7.2 Unit – Unit Kompetensi – LSP-Lembaga Sertifikasi Profesi
  • 7.2.1 Menciptakan dan memelihara lingkungan asesmen
  • 7.2.2 Mengumpulkan bukti bermutu
  • 7.2.3 Mendukung calon asesi melalui proses asesmen
  • 7.2.4 Membuat keputusan asesmen
  • 7.2.5 Merekam dan melaporkan keputusan asesmen
  • 7.2.6 Mengkaji ulang proses asesmen
  • 7.3 Umpan Balik
  • 7.4 Pelatihan Materi AC (TAAASS402C )
  • Sesion 8. Pra – Real Asesmen

Hari ke-5

  • Sesion 9. RA (Real Asesmen / Uji Sertifikasi Asesor Kompetensi )

Siapa yang harus ikut :

Manager, Supervisor, Praktisi HRD, HR Professional, Praktisi & Pemerhati SDM / HRD, Instruktur, Trainer, Konsultan HR, Pengajar, Dosen, Guru dll.

Tanggal Pelaksanaan :

  • 28 September – 2 Oktober 2015

Durasi :

  • 5 (lima) hari
  • pkl. 08.00 – 05.00 WIB
  • Peserta wajib membawa laptop/notebook

Ujian Kompetensi dari BNSP

Hari : Kamis-Jum'at

Tanggal : 29 - 30 Oktober 2015

Tempat : LSP P2KGK Jakarta Barat

Jl. Kerajinan No. 42 , Kampung Jawa, Krendang,

Jakarta Barat

Fasilitator :

  • – Team Pengajar (Master Asesor) dari Sakasakti Jakarta
  • – Master Asesor Lisensi BNSP
  • – Team BNSP

WAWASAN WIYATA MANDALA

MATERI MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)
SMK 1 CITRA ADHI PRATAMA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Oleh :

Ir. Ade Wira Darmanto

(Waka. Kesiswaan)


I. PENDAHULUAN


Dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional, iklim belajar mengajar yang dapat menumbuhkan percaya diri dan budaya belajar dikalangan masyarakat perlu terus dikembangkan agar tumbuh sikap dan perilaku kreatif, inovatif, dan keinginan untuk maju. Sekolah sering dianggap sebagai satu-satunya tumpuan untuk mendidik anak, sehingga lupa pada factor-faktor lain yang menyebabkan beban sekolah menjadi semakin berat.Oleh karena itu perlu diciptakan suatu pandangan atau wawasan yang dipakai untuk mengelola sekolah.

Wawasan itu dikenal dengan istilah wawasan wiyata mandala. Dalam menciptakan wawasan wiyata mandala perlu diciptakan kondisi yang dinamis dan iklim yang menguntungkan disekolah agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan tertib, aman dan dalam suasana kekeluargaan. Oleh karena itu partisipasi seluruh komponen baik kepala sekolah, guru maupun karyawan.

II. SEKOLAH DAN FUNGSINYA

kegiatan kurikuler.

Kondisi yang mendukung kegiatan Wawasan Wiyata Mandala :

1. Menaati tata tertib sekolah Tata tertib sekolah disusun secara operasional untuk mengatur tingakah laku dan sikap siswa dan guru serta karyawan. Dalam tata tertib sekolah dikemukakan tentang hal-hal yang diharuskan, dianjurkan dan yang tidak boleh dilakukan dalampergaulan di lingkungan sekolah.

2. Hormat dan taat pada guru Guru memiliki tugas professional yaitu mendidik dalam rangka mengembangkan keterampilan. Tugas berat guru adalah tugas kemasyarakatan yaitu ikut serta mengembangkan terbentuknya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

3. Kerjasama antar warga sekolah Antara warga sekolah dan masyarakat harus ada saling pengertian dan kerjasama yang erat untuk mengembangkan tugas pendidikan. Kerjasama ini akan menimbulkan saling pengertian dan akan lebih membuka cakrawala pandangan oran tua siswa tentang hal-hal yang menjadi tugas dan tanggungjawab dalam mendidika anaknya.

V. KETAHANAN SEKOLAH DALAM WAWASAN WIYATA MANDALA


Ketahanan sekolah adalah suatu kondisi dinamis yang berisi kemampuan dan ketangguhan dlam menghadapi Sekolah sebagai tempat penyelenggara proses belajar mengajar, menanamkan dan mengembang-kan berbagai nilai, Iptek, keterampilan dan wawasan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal ini berarti bahwa sekolah merupakan lembaga formal yang utuh dan bulat, yang memiliki makna sebagai suatu kesatuan yang didalamnya terdiri dari bagian-bagian yang saling berperan dan berkaitan teranyam menjadi satu.


Apabila terjadi kekurangan atau tidak berfungsinya bagian-bagian itu maka akan menyebabkan fungsi sekolah akan terganggu sehingga akan menghambat pencapaian tujuan. Bagian-bagian itu antara lain gedung, perabot, bangku, meja, papan tulis, perpustakaan, laboratorium, aula (bentuk fisik dan kurikulum peserta didik, instruktur dan karyawan).


Keadaan fisik sekolah perlu dirawat dan dijaga dengan baik serta digunakan sesuai dengan fungsinya. Siswa dapat merawat dan menjaganya dengan berpedoman pada prinsip 5K yaitu Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan dan Kekeluargaan.

Sekolah pada dasarnya mempunyai fungsi dan tugas menyelenggarakan proses pendidikan secara terencana, tertib dan teratur. Sekolah juga dapat dipandang sebagai masyarakat belajar yang utuh dan bulat yang memiliki kepribadian tersendiri. Sebagai masyarakat belajar maka sekolah tidak dapat dilepaskan dengan kehidupan masyarakat pada umumnya, karena sekolah sebenarnya merupakan sub system dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

III. ARTI DAN MAKNA WAWASAN WIYATA MANDALA


Wawasan secara harafiah berarti pandangan, penglihatan atau tanggapan inderawi. Dan juga dapat diartikan sebagai cara memandang atau cara melihat atau cara meninjau. Kata wawasan berarti pengajaran atau pendidikan sedangka mandala berarti lingkungan atau lingkaran atau daerah. Jadi Wawasan Wiyata Mandala berarti cara pandang kalangan pendidikan tentang keberadaan sekolah sebagai pengemban tugas dan fungsi sekolah di lingkungan masyarakat.

Agar tujuan pendidikan dan fungsi serta tugas sekolah dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan pandangan yang sama dari seluruh warga mengenai sekolah sebagai lembaga pendidikan. Setiap sekolah wajib menyelenggarakan seluruh proses pendidikan di seklahnya. Kesatuan pandang yang disebut Wawasan Wiyata Mandala merupakan kebijakan di lingkungan sekolah. Wawasan Wiyata Mandala harus merupakan satu kesatuan yang menjamin berlangsungnya proses pendidika di sekolah secara efisien dan efektif. Wawasan Wiyata Mandala merupakan wawasan yang mengikat seluruh warga sekolah sebagai suatu wahana menuju tercapainya suatu tujuan pendidikan nasional.

Unsur-unsur Wawasan Wiayata Mandala :

1. Sekolah merupakan lingkungan pendidikan

2. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggun jawab penuh atas penyelenggaraan pendidikan dalam lingkungan sekolahnya.

3. Antara guru dan orang tua siswa harus ada saling pengertian dan kerjasama yang erat untuk mengemban tugas pendidikan.

4. Para warga sekolah di dalam maupun diluar sekolah, harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru.

5. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya mendukung antar warga.


IV. SEKOLAH SEBAGAI LINGKUNGAN PENDIDIKAN


Dikarenakan sekolah sebagai Wiyata Madala atau lingkungan pendidikan maka sekolah tidak boleh digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang memiliki tujuan yang bertentangan dengan tujuan pendidikan. Sekolah merupakan tempat siswa belajar dan guru mengajar, tempat untuk menuntut ilmu, tempat membina dan mengembangkan pandangan hidup dan kepribadian bangsaa, tata karma, nilai-nilai agama, Iptek serta berbagai macam keterampilan siswa. Oleh karena itu sudah sewajarnya kita mempunyai kewajiban moral untuk senantiasa menjunjung tinggi nama baik sekolah, menghormati sekolah, serta menjaga dan melindungi sekolah dari segala macam unsur yang dapat menganggu proses pendidikan. Disini diperlukan kemanunggalan, persatuan dan kesatuan warga sekolah untuk menghadapi segala kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar disekolah. Setiap warga sekolah harus dapat menunjukan loyalitas atau pengabdian kepada sekolah.

Untuk itu maka peran aktif siswa dan guru dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan. Tugas guru dan siswa adalah menciptakan suasana kelas sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi yang mendorong para siswa untuk belajar interaktif.

Dalam hal ini yang mendapat perhatian adalah :

1. Bentuk pengaturan perabot disesuaikan dengan situasi kelas.

2. Jumlah kelompok dalam kelas

3. Jumlah siswa dalam kelompok

Keaktifan siswa dapat tercipta dengan langkah sebagai berikut :

1. Siswa ikut secara aktif dalam pelajaran

2. Sikap positif siswa dalam mengikuti pelajaran

3. Menggunakan kesempatan baik dalam mengambil keputusan

4. Sikap guru yang positif dalam mengambil keputusan
Dalam hal ini perlu juga dukungan dari semua pihak untuk berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler disamping tantangan dan hambatan yang timbul dari dalam dan dari luar sekolah yang langsung ataupun tidak langsung dapat mengganggu proses belajar mengajar. Kondisi dinamik yang dimaksud adalah suatu keadaan yang menunjukan adanya kekuatan positif yang sumbernya antara lain dari siswa yang aktif melaksanakan tugasnya sesuai dengan fungsi masing-masing, maupun unsru kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf tata usaha dan anggota masyarakat di lingkungan seklah.

Untuk mencipta ketahanan sekolah perlu :

1. Menaati dan memenuhi tata tertib sekolah

2. Menjaga nama baik diri sendiri, orang tua, keluarga dan sekolah

3. Menghormati kepala sekolah, guru dan karyawan

4. Belajar keras, teratur dan terencana

5. Melaksanakan upacara bendera dengan tertib, disiplin, khidmat dan penuh kesungguhan.

6. Memelihara 7 K, yaitu :

a. Keimanan
b. Keamanan
c. Ketertiban
d. Kebersihan
e. Keindahan
f. Kerindangan
g. Kekeluargaan

Bagimana Penerapannya ?

1. Keamanan.

a. Aman , adalah bebas dari gangguan seseorang/ sekelompok orang/lingkungan.

b. Aman, adalah hak mendasar yang harus dimiliki manusia.

c. Aman, meliputi : aman dalam lingkungan belajar, bekerja, maupun mengeluarkan pendapat.

d. Dalam pelaksanaannya meliputi : kita mulai pada diri kita sendiri, saling menjaga,menghindari konflik antar teman, berani membela hak dan kebenaran, menciptakan susasana aman di sekolah./ lingkungan sekolah.

2. Kebersihan.

a. Bersih, adalah tempat atau lingkungan , bebas dari sampah, debu, sehingga nampak sedap dipandang.

b. Kebersihan merupakan modal utama kesehatan, kebersihan merupakan sebagian dari iman seseorang.

c. Kebersihan meliputi : bersih tempat tinggal, tempat belajar/ kelas, sekolah/ lingkungan sekolah, tempat ibadah, tempat bekerja.

d. Pelaksannannya meliputi : mulai dari dari diri kita, menciptakan kebersihan dalam kelas, lingkungan kelas, halaman sekolah/ lingkungan sekolah,membuang sampah pada tempatnya jika habis jajan, tidak mencoret-coret bangku/ meja, dinding kelas/ sekolah dengan tip-ex, spidol.



3. Kekeluargaan.

a. Kekeluargaan, adalah hubungan yang erat antar orang-orang dalam rumah, kelas, sekolah/ OSIS, kantor/ tempat bekerja, dan masyarakat.

b. Kekeluargaan merupakan dasar dasar persatuan, modal utama dalam masyarakat/ lingkungan untuk ketentaraman, bahkan modal majunya sekolah.

c. Kekeluargaan bisa tercapai manakala tidak ada rasa curiga, saling percaya, saling menghargai,kerja sama dan rukun.

d. Pelaksanaannya adalah : kita harus saling menghargai, mengayomi, tidak mencari selamat diri sendiri, menyenguk jika teman jika sakit, menolong sesama siswa.



4. Keimanan.

a. Iman, adalah kita percaya Allah SWT ada.

b. Biasanya Iman dimanifestasikan dalam ibadah.

c. Iman merupakan landasan penting dalam belajar, dan bekerja.

d. Pelaksanannya adalah : merayakan hari keagamaan bersama di sekolah misalnya korban, hari raya idul fitri, mendirikan pengajian rutin, mejelis taklim untuk kajian agama di sekolah.

5. Kerindangan.

a. Rindang atau sejuk, adalah lingkungan yang mempunyai sisrkulasi udara yang baik, dengan adanya tanaman yang menyejukan, serta bebas dari polusi udara.

b. Pelaksanaanya adalah : menanami halaman / lingkungan sekolah dengan pepohonan yang bermanfaat, taman depan kelas dengan berbagai tamanan bunga, rajin menyiangi dan menyirami.

6. Kerapihan.

a. Rapih, adalah suasana harmonis dalam dalam diri kita,keluarga , sekolah, kantor, atau lingkungan sekitar.

b. Pelaksaannya, adalah : rapih dari cara kita berpakaian, memakai seragam sekolah sesuai dengan aturan yang ditetapkan, menata ruang kelas dengan baik misalnya jadwal piket, gambar pahawan, presiden dan wkill presiden dan lambing negara.

7. Keindahan.

a. Indah adalah suasana asri enak di pandang mata yang menyangkut lingkungan sekolah kita,.

b. Keindahan bisa tercapai manakala keamanan, kebersihan, keimanan, kekeluargaan, kerindangan dan kerapihan tercapai.

c. Pelaksaannya adalah : dengan menciptakan rasa aman, suasana bersih, iman, kebersamaan, kerindangan, dan penataan yang apik.

d. Dengan terciptanya 7 K, kita akan merasa betah dan nyaman disekolah tempat kita belajar dan bekerja.

Indikator mengukur keberhasilan penerapan pelaksanaan 7 K :
1. Keimanan Warga sekolah yang semakin membaik.
2. Keamanan lingkungan Sekolah harus dijaga.
3. Ketertiban sekolah yang sudah berjalan dengan baik.
4. Kebersihan sekolah yang menjadi kebutuhan warga sekolah.
5. Keindahan sekolah yang semakin membaik.
6. Kerindangan sekolah yang makin tertata dengan baik
7. Kekeluargaan yang semakin membaik.

VI. PENUTUP


Seperti telah diuraikan diatas bahwa Wawasan Wiyata Mandala diartikan sebagai suatu pandangan atau tinjauan mengenai lingkungan pendidikan. Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan secara ideal harus mempunyai kelengkapan yang memadai. Suasana kondusif dan dinamis dukungan partisipasi keluarga, masyarakat dan pemerintah yang lebih positif juga sangat diperlukan. Disamping itu semua komponen harus memiliki rasa memiliki dan rasa tanggung jawab terhadap terpeliharanya dan terbinanya lebaga pendidikan sehingga terjamin kelancaran proses belajar mengajar yang mendukung masukan yang diharapkan.

E-Learning (Online Class)

Jakarta, 5 September 2014

Saat ini sedang dilakukan uji coba penerapan system E-Learning (SMK 1 Citra Adhi Pratama "Online") menggunakan Edmodo.

Kepada siswa/i silakan melakukan registrasi agar bisa mengakses materi pelajaran secara digital silakan klik "Sign Up for Student" untuk siswa dan "Sign Up for Teachers" untuk Guru. Selamat berselancar di dunia maya..

SMK 1 Citra Adhi Pratama
Waka. Kesiswaan,

ttd.

Ir. Ade Wira Darmanto

Sabtu, 15 Oktober 2011

Buku dan Modul SMK dari Erlangga

Buku dan Modul SMK dari Erlangga

Buku Pegangan Guru SMK

  1. Get Along with English Grades X-XII
  2. Bahasa Indonesia kelas X
  3. Bahasa Indonesia kelas XI
  4. Bahasa Indonesia kelas XII
  5. PKN kelas X
  6. PKN kelas XI
  7. PKN kelas XII
  8. Kewirausahaan
  9. KKPI kelas X
  10. KKPI kelas XI
  11. KKPI kelas XII
  12. Fisika kelas X-XII
  13. IPA kelas X-XII
  14. IPS kelas X-XI
  15. Kimia Teknik dan Kesehatan
  16. Matematika Kel. Akuntansi dan Penjualan kelas X
  17. Matematika Kel. Akuntansi dan Penjualan kelas XI
  18. Matematika Kel. Akuntansi dan Penjualan kelas XII
  19. Matematika Kel. Seni, Pariwisata, dll kelas X
  20. Matematika Kel. Seni, Pariwisata, dll kelas XI
  21. Matematika Kel. Seni, Pariwisata, dll kelas XII
  22. Matematika Kel. Teknologi, Kesehatan, Pertanian kelas X
  23. Matematika Kel. Teknologi, Kesehatan, Pertanian kelas XI
  24. Matematika Kel. Teknologi, Kesehatan, Pertanian kelas XII
  25. Modul-Modul Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
  26. Modul-Modul Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan
  27. Modul-Modul Kompetensi Keahlian Akuntansi
  28. Modul-Modul Kompetensi Keahlian Pemasaran
  29. Modul Kompetensi Keahlian Tata Boga
  30. Modul-Modul Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Audio dan CD

  1. Get Along with English Grade X Unit 1
  2. Get Along with English Grade X Unit 2
  3. Get Along with English Grade X Unit 3
  4. Get Along with English Grade X Unit 4
  5. Get Along with English Grade X Unit 5
  6. Get Along with English Grade X Unit 6
  7. Get Along with English Grade X Unit 7
  8. Get Along with English Grade XI Unit 1
  9. Get Along with English Grade XI Unit 2
  10. Get Along with English Grade XI Unit 3
  11. Get Along with English Grade XI Unit 4
  12. Get Along with English Grade XI Unit 5
  13. Get Along with English Grade XII Unit 1
  14. Get Along with English Grade XII Unit 2
  15. Get Along with English Grade XII Unit 3
  16. Get Along with English Grade XII Unit 4
  17. Get Along with English Grade XII Unit 5

Cuplikan Video Multimedia

  1. IPS SMKIPS SMK Kelas X – Children of the Urban Poor
  2. IPS SMK Kelas X – Pendistribusian Beras
  3. IPS SMK Kelas XI – Art Culture (Bab 5 – Keberagaman Budaya di Indonesia)
  4. IPS SMK Kelas XI – Radio Kampung (Bab 3 – Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural)
  5. Bahasa Indonesia kelas XII
  6. PKN kelas XII

Power Point Pembelajaran

Buku dan Modul SMK Administrasi perkantoran

  1. Modul Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan
  2. Modul Menangani Surat Masuk dan Keluar
  3. Modul Merencanakan Rapat

Buku SMK Pemasaran


[Sumber]
[1] Erlangga SMK

Media Pembelajaran Online "SMK 1 CITRA ADHI PRATAMA"

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran 2012/ 2013, kami terpacu berbenah diri dan mencoba untuk menfasilitasi Siswa/ siswi SMK 1 Citra Adhi Pratama untuk bisa memanfaatkan Media Pembelajaran Online yang kami sediakan.

Selamat Mencoba!

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

ttd.

Ir. Ade Wira Darmanto

Tips dan Trik Windows

Bahan Ajar Microsoft Word (Online)

Modulword
View more documents from amaen

Modul "Microsoft Word 2003"

Tutorial Microsoft Word

bahan Ajar "Microsoft Excel 2007" Dasar

Excel basic
View more documents from joesasak

Tutorial "Microsoft Excel 2007"

Bahan Ajar Power Point (Online)

Bahan Ajar "Power Point 2007" (Kelas XI SMT-1)

Modul INTERNET

Perangkat Keras (Hardware) Internet

Petunjuk Pinter Menguasai "Internet"

Buku Teks "Rekayasa Perangkat Lunak" (Jilid-1) SMK

Buku Teks Rekayasa Perangkat Lunak (Jilid-2) SMK

Buku Teks Rekayasa Perangkat Lunak (Jilid-3) SMK

Tutorial Membuat Website "Dreamweaver 4"

Bahan Ajar "Dreamweaver MX"

Bahan Ajar "OpenOffice.org Impress""

Buku Panduan "BlankOn 5 Naggar Linux)

Model Pembelajaran

Model Pembelajaran PAIKEM

Dell Pamer Tablet Android 7 Inci

Dell Pamer Tablet Android 7 Inci

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama setelah memamerkan perangkat tablet yang dilengkapi keyboard dalam Intel Developer Forum (IDF) di San Francsisco, Dell kembali pamer rancangan tablet terbarunya. Kali ini, sebuah komputer tablet berlayar 7 inci yang menggunakan sistem operasi Android.

Perangkat tersebut dibawa CEO Dell, Michael Dell, saat berada di panggung menjadi pembicara dalam konferensi Oracle OpenWorld, San Francisco, Rabu (22/9/2010) lalu. Namun, ia tak memberikan spesifikasi lebih rinci perangkat tersebut.

Sebelumnya, Dell sudah meluncurkan tablet berukuran lima inci yang diberi nama Streak bulan lalu. Dell mengatakan Streak saat ini hanya tersedia di toko online perusahaan dan akan tersedia di toko ritel Best Buy mulai bulan depan. Streak, beroperasi dengan Android dan berfungsi ganda sebagai ponsel pintar dengan harga 549,99 dollar AS, atau 299,99 dollar AS tapi terikat kontrak dua tahun dengan AT&T.

Dell adalah pembuat komputer terbesar nomor dua di dunia, berdasarkan pengamat industri IDC, tetapi Dell telah memperluas portofolio produknya dengan penekanan pada perangkat ponsel. Tablet buatan Dell bakal bersaing dengan iPad buatan Apple dan pesaing lainnya seperti Samsung, Hewlett Packard (HP), dan Toshiba.

Tablet memang lagi populer. BMO Capital Markets memperkirakan penjualan tablet di atas 40 juta unit pada 2011 tapi merugikan penjualan notebook dan netbook.

IPTEK :

Konsep Teknologi Masa Depan (2)

tanaman energi

pic from : itechfuture.com

Solar Plant adalah “Tanaman” yang mampu merubah sinar matahari menjadi tenaga listrik. Sebenarnya perangkat ini adalah pengembangan dari teknologi solar yang ada kedalam format yang lebih portabel. Pengisian daya terbatas yang berbentuk pot bunga ini mampu mengubah sinar matahari menjadi energi listrik dengan konsep fotosintesis.

teknologi masa depan

pic from : itechfuture.com


Fotosintesis dilakukan dengan menggunakan panel surya yang terpasang di atas sebagai pengumpul energi dan dirubah kedalam energi listrik yang cukup untuk dikonsumsi ganget anda, cukup simpel dan sangat ramah lingkungan. Bayangkan jika jutaan manusia yang menggunakan gadget beralih ke teknologi ini, berapa banyak energi tak terbarui dapat disimpan.

teknologi masa depan

pic from : itechfuture.com

Sumber : itechfuture.com

> SAINS & TEKNOLOGI :


AP/Paul Sakuma/ip

CEO Google Eric Schmidt memamerkan layanan baru TV internet di personal computer (PC). Layanan yang ditunjukkan Google ini hanya berselang seminggu setelah CEO Apple Steve Jobs meluncurkan produk Apple TV.

nasa.gov/vg
NASA:

WASHINGTON--MI: Dua asteroid melewati bumi dalam jarak bulan, Rabu (8/9), namun tidak akan menghantam bumi, kata Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Selasa (7/9).

Dok-MI/vg

JAKARTA--MI: Nokia, pembuat ponsel terbesar dunia dalam volume, akan mengenalkan ponsel pintar model terbaru pada acara pertemuan media dan industri pekan depan.

AP/Gero Breloer/al

Samsung telah menjadi penantang terbaru di pasar komputer tablet yang dikuasai oleh iPad, keluaran Apple. Pada pameran elektronik IFA, di Berlin, pekan lalu, Samsung meluncurkan komputer tablet pertamanya, Galaxy Tab.

AP/Koji Sasahara/wt

WASHINGTON--MI: Twitter memiliki lebih dari 145 juta pengguna terdaftar dan lebih banyak orang yang menggunakan ponsel untuk mengakses layanan microblogging.

1 2 3 4 5

INFO BEASISWA :


Pemerintah terus berupaya meningkatkan mutu siswa dan pembelajaran di SMK (sekolah menengah kejuruan). Selain itu, juga diupayakan meningkatkan minat tamatan SMP/MTs berprestasi akademik terbaik agar melanjutkan ke SMK. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bantuan beasiswa prestasi kepada siswa SMK.

Nilai bantuan Bantuan Beasiswa Prestasi tahun 2010 adalah Rp 65.000,00 (enam puluh lima ribu rupiah) per siswa per bulan. Hasil yang diharapkan dari pemberian Bantuan Beasiswa Prestasi adalah:

(1) meningkatkan minat tamatan SMP/MTs yang berprestasi untuk masuk ke SMK;

(2) meningkatkan jumlah siswa SMK yang memiliki prestasi akademik tinggi;

(3) meringankan orang tua siswa yang bersangkutan dalam membiayai pendidikan di SMK.

Bagaimana mekanisme penyaluran bantuan beasiswa prestasi untuk siswa SMK berlangsung?

Prosedur penyaluran bantuan beasiswa diusulkan oleh pihak sekolah. Sekolah menyusun daftar nama siswa calon penerima Bantuan Beasiswa Prestasi. Selanjutnya, daftar tersebut dimintakan persetujuan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setelah itu, daftar calon penerima beasiswa prestasi dikirim kepada Direktorat Pembinaan SMK. Direktorat PSMK, melalui Subdit Kegiatan Kesiswaan, menerima usulan daftar nama siswa calon penerima Bantuan Beasiswa Prestasi Siswa SMK.

Tertarik ingin memperoleh bantuan beasiswa prestasi SMK? Silakan simak info lebih detail di sini.



Pemerintah terus berupaya mengentas keluarga miskin ke level kehidupan yang lebih sejahtera. Salah satu terobosan yang dilakukan pemerintah adalah memberi bea siswa kepada keluarga miskin agar dapat bersekolah setinggi-tingginya. Pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mensejahterakan masyarakat.

Dalam kaitan itu, melalui Direktorat Pembinaan SMK (sekolah menengah kejuruan), Kemdiknas menyalurkan beasiswa bagi siswa miskin. Program ini bertujuan (1) Memberi peluang bagi lulusan SMP/M.Ts atau yang sederajat dari keluarga kurang mampu/Pra Sejahtera I untuk mengikuti pendidikan di SMK; (2) Mengurangi jumlah siswa SMK putus sekolah akibat permasalahan biaya pendidikan; (3) Meringankan biaya pendidikan siswa SMK kurang mampu atau pra sejahtera I.

Prosedur pengajuan dan pemberian beasiswa

Prosedur pengajuan beasiswa dilakukan secara berjenjang. Pihak sekolah menyusun daftar usulan nama siswa calon penerima beasiswa beserta kelengkapannya dan meminta persetujuan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menyetujui Daftar tersebut. Selanjutnya, pihak sekolah mengirimkan daftar usulan ke Dinas Pendidikan Provinsi. Dinas Pendidikan Provinsi kemudian menyeleksi dan

menetapkan nama siswa penerima beasiswa. Selanjutnya, Dinas Pendidikan Provinsi menyalurkan dana bantuan beasiswa ke SMK asal siswa penerima.

Anda tertarik mendapatkan beasiswa untuk siswa SMK ini? Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.



Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) terus berupaya meningkatkan mutu pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Terlebih untuk SMK yang membuka Program Keahlian Khusus, yaitu Program Studi Keahlian yang belum banyak diminati calon siswa SMK.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan bantuan beasiswa program keahlian khusus siswa SMK. Selain untuk meringankan biaya pendidikan bagi siswa SMK, beasiswa ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Program Studi Keahlian Khusus tersebut.

Bagaimana mekanisme penyaluran bantuan beasiswa program keahlian khusus untuk siswa SMK berlangsung?

Prosedur penyaluran bantuan beasiswa diusulkan oleh pihak sekolah. Sekolah menyusun daftar nama siswa calon penerima Bantuan Beasiswa Program Keahlian Khusus. Selanjutnya, daftar tersebut dimintakan persetujuan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Setelah itu, daftar calon penerima beasiswa prestasi dikirim kepada Direktorat Pembinaan SMK. Direktorat PSMK, melalui Subdit Kegiatan Kesiswaan, menerima usulan daftar nama siswa calon penerima Bantuan Beasiswa Prestasi Siswa SMK.

Tertarik ingin memperoleh bantuan beasiswa program keahlian khusus SMK? Silakan simak info lebih detail di sini.

IPTEK :

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Teknologi informasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pentrasferan data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Adapun penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi adalah e-book, e-learning, e-education, dsb. Di Indonesia istilah teknologi informasi dan komunikasi lebih dikenal dengan telematika (telekomunikasi informatika). Perkembangan telematika selama beberapa tahun terakhir sangat pesat, hal ini sangat memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya berita dari suatu negara yang terletak di benua Amerika dengan cepat akan tersebar ke negara yang terletak di benua Asia, Eropa, Afrika.

Dalam banyak hal perkembangan yang pesat dari telematika ini sangat membantu manusia, namun di lain sisi hal ini juga dapat merugikan manusia. Teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi sarana bagi orang yang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita yang tidak benar, penyebaran video porno, teror terhadap orang lain.

Sebagai contoh adalah penyebaran video porno ariel peterpan dengan beberapa selebritis papan atas di Indonesia, penyebarannya sangat cepat bahkan telah menjadi trending topic di twitter. Selain itu, seseorang yang ingin melampiaskan kemarahannya kepada orang yang dibenci (exgirlfriend/exboyfriend) dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana. Misalnya dengan cara memblokir/meng-hack facebook seseorang. Hal ini tentu saja sangat mengganggu privasi orang lain.

Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan telematika lebih diperhatikan poleh pihak yang berwajib dalam hal pengawasan. Selain itu, bagi orang yang ingin melampiaskan kekesalannya dengan sarana telematika.

CITRA Tips :

7 Langkah Jitu Menjadikan Windows XP anda ASLI

Mungkin banyak yang sudah tau mengenai trik ini. Tapi masih banyak juga yang blom tau kok. Jadi saya beri sedikit tutorial untuk mengubah Windows XP "Mangga Dua" anda menjadi Windows XP "Asli".

Mudah kok, sebelum memulai download dulu Tools Pendukungnya disini :

Magical Jelly Bean Key Finder

Oke anda cuma perlu 7 Langkah jitu Menjadikan windows XP anda ASLI :

1. Ekstrak file yang anda download barusan. Lihat-lihat deh ada file apa aja.

2. Jalankan program Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool.


Nah…Ketahuan masih palsu tuh !

3. Okey, sekarang jalanin program Key Finder, Klik Options , Change Window Keys


4. Buka File Windows XP Key.txt


5. Masukin serialnya deh, trus klik Change


6. "Your Product Key Has Been Successfully Update" . Okeh.


7. Cek lagi windows anda dengan Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool


Eng..ing…eng…dah "ASLI" deh windowsnya. Anda bisa menikmati update gratis dari Microsoft. Enakkan ? Hehehe…

Disadur dari : http://www.agungsetiawan.web.id

BIMTEK KTSP DKI JAKARTA (tahun 2009) :

LAPORAN KEGIATAN BIMTEK KTSP

DI HOTEL KINASIH (SUKABUMI)

(24-27 OKTOBER 2009)

Menurut prosedur seharusnya Kepala sekolah atau waka Kurikulumlah yang harus mewakili SMK1 Citra Adhi Pratama sebagai peserta Bimbingan Teknis KTSP (BIMTEK KTSP) Tahun 2009 yang dilaksanakan mulai tanggal 23 – 27 Oktober 2009 di Hotel Kinasih Sukabumi.


BIMTEK pada gelombang Pertama ini diikuti oleh 304 peserta dan rencananya akan diakadan BIMTEK KTSP gelombang ke-2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 10-13 November 2009 dan diikuti oleh 294 peserta dengan total jumlah peserta untuk gelombang pertama dan gelombang kedua berjumlah 598 peserta yang mewakili sekolah masing-masing dari semua SMK Negeri dan Swasta se DKI Jakarta.

Salah satu tata tertib peserta kegiatan BIMTEK ini adalah satu orang perwakilan dari sekolah yang diundang , Kepala Sekolah atau wakil kurikulum yang telah terdaftar dan meyerahkan biodata lengkap. Artinya bahwa kepala sekolah boleh hadir atau kepala sekolah boleh mewakili wakil kurikulum, tetapi tidak boleh keduanya. SMK 1 Citra Adhi Pratama menunjuk Ir. ADE WIRA DARMANTO untuk mewakili Waka Kurikulum karena Waka Kurikulum dan Kepala sekolah tidak bisa hadir karena akan berangkat menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci.

Sesuai dengan amanat yang diberikan tentu saya berusaha semaksimal mungkin membawakan suara dan berbuat sesuatu yang terbaik sebagai wakil Dari SMK 1 Citra Adhi Pratama.

Selasa, 24 Oktober 2009 ; Acara dimulai pukul 14.00 di gedung Aula Depan Hotel Kinasih. Kasi Kurikulum Ibu Hj. Rita Ariani dalam sambutannya menyambaikan bahwa ; tujuan dari BIMTEK KTSP ini adalah agar setiap sekolah dapat menyusun KTSP sesuai dengan Standar BIMTEK, Pusat Kurikulum (PUSKUR) yang akan berperan dalam peningkatan mutu sekolah dan kaitannya dengan akreditasi sekolah yang terdiri dari 9 komponen (dalam KTSP). Kepala Bidang SMK Bapak Drs. Slamet Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa; ada 3 hal yang harus diperhatikan dalampenyusunan KTSP yaitu ; Satuan Pendidikan (SP), potensi daerah dan peserta didik. Ada 4 pilar dalam “Education of all” atau pendidikan untuk semua yaitu ; pilar ketersediaan, keterjakauan, kualitas dan jaminan (insurance). Pada kesempatan ini Kepala Bidang SMK sekaligus membuka acara BIMTEK. Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan

Pretest bagi peserta mulai pukul 15.30 - 17.00 WIB. Ir Tuti Sumiyati selaku Penyaji BIMTEK, menyampaikan materi “Pengembangan KTSP yang dimulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Hal yang perlu diperhatikan dalam paparannya adalah perhitungan jam real di RPP dan jam terstruktur di Silabus. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan Acara Tanya – Jawab.

Rabu, 25 Oktober 2009 ; Kegiatan dimulai pukul 05.30-07.00 dengan Acara Senam Pagi di halaman gedung Utama Kinasih dan diakhiri dengan acara sarapan pagi bersama. Pukul 07.30 bertempat di gedung Kinasih diadakan kegiatan : Teknik Penyusunan silabus, RPP dan Pengembangan bahan ajar adalah materi pada hari kedua yang juga disampaikan oleh Ibu Ir. Tuti Sumiati. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan Penyusunan Silabus dan RPP, dimana pesertanya dibagi menjadi 5 kelompok. SMK 1 Citra Adhi Pratama masuk kelompok D dan acara ini berakhir hingga pukul 21.00 WIB.

Kamis, 26 Oktober 2009; Kegiatan hari ke-3 dimulai pukul 05.30-07.00 dengan Acara Senam Pagi di halaman gedung Utama Kinasih dan diakhiri dengan acara sarapan pagi bersama. Acara hari ketiga melanjutkan Kegiatan Penyusunan silabus dan RPP. Kegiatan selanjutnya pada hari ketiga adalah pemberian materi : model-model pembelajaran, penilaian dan pelaporan hasil belajar, pengembangan mulok, pengembangan diri, informasi SKS dan penyusunan bahan ajar (modul). Namun pada kenyataanya tidak semua materi tersebut dipaparkan.

Jum’at, 27 Oktober 2009 ; Kegiatan hari ke-4 dimulai pukul 05.30-07.00 dengan Acara Senam Pagi di halaman gedung Utama Kinasih dan diakhiri dengan acara sarapan pagi bersama. Kegiatan hari ini diawali dengan Pemaparan Silabus dan KTSP oleh masing-masing kelompok (mulai dari kelompok A, B, C, D dan E) berikut acara Tanya-jawab. Dan diakhiri dengan Post test bagi seluruh peserta yang dilanjutkan dengan penutupan. Kasi kurikulum Ibu Hj. Rita Ariani dalam hal ini menyampaikan bahwa ; berkaitan dengan KTSP yang selalu mengalami pengembangan maka sebaiknya dijilib "spiral". Hal lain beliau menyampaikan bahwa tahun pelajaran 2009/2010 UN utama dilaksanakan minggu ke tiga bulan maret 2010 (UN susulan menunggu informasi), UN “ulangan” bagi yang dinyatakan tidak lulus dilaksanakan minggu ke dua bulan mei 2010. Dinas pada minggu ke 2 bulan Januari akan menyelenggarakan Try out secara serempak di DKI untuk 4 mata pelajaran yang akan di UN kan. Pesan lainnya yang disampaikan adalah bahwa akan diadakan Monitoring ke sekolah-sekolah dimulai dari sekolah Negeri baru kemudian menyusul sekolah swasta. Kurikulum KTSP 2004 sudah harus ditinggalkan dan tahun 2009/ 2010 KTSP 2006 murni diberlalukan, hal ini agar di sosialisasikan disekolah masing-masing.

INFO SMK :

BOMM untuk SMA dan SMK Dinaikkan
23-02-2009 09:09:22 | Dibaca : 473

Jakarta, - Untuk memperluas akses di jenjang pendidikan menengah, pemerintah meningkatkan...

program bantuan operasional manajemen mutu untuk SMA/SMK. Mulai tahun ini besar dana bantuan dihitung sesuai jumlah siswa di masing-masing sekolah.

Agus Sartono, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Depdiknas, di Jakarta, Sabtu (21/2), menjelaskan, pemerintah mengubah bantuan operasional manajemen mutu (BOMM) untuk SMA/SMK sehingga menyerupai dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang sudah diberikan untuk siswa SD-SMP.

Sebelumnya, besarnya BOMM SMA diberikan Rp 100.000 per sekolah setiap tahun. Mulai tahun 2009 besarnya BOMM dinaikkan jadi Rp 90.000 setiap siswa per tahun. Adapun SMK yang sebelumnya Rp 77.000 per siswa tiap tahun dinaikkan menjadi Rp 120.000 per siswa tiap tahun.

”BOMM ini bisa menjadi embrio adanya BOS SMA/SMK yang tentu ke depannya bisa menggratiskan pendidikan menengah,” kata Agus.

Dodi Nandika, Sekretaris Jenderal Depdiknas, mengatakan, pendidikan menengah gratis pascatuntasnya wajib belajar sembilan tahun belum menjadi prioritas utama. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Depdiknas masih terus menghitung kemampuan finansial pemerintah. (ELN) -Kompas-


Untuk pengaduan dan informasi lain dapat anda kirimkan melalui:

SMS : 0811-976-929
Fax : 021-5703337
Telp : 021-5707303
Surat : PO.BOX 4490
E-mail : aspirasi@diknas.go.id

PENGUMUMAN UJIAN AKHIR NASIONAL 2008/ 2009

Hasil Ujian Akhir Nasional tahun 2008/ 2009 di SMK 1 CITRA ADHI PRATAMA, telah diumumkan kemaren tanggal 13 Juni 2009 Jam 15.00 wib. Tingkat kelulusan siswa mencapai 100%. Sebelum di berikan pengumuman kelulusan Pihak sekolah yang diwakili oleh Wail Kepala sekolah Bidang kesiswaan Bapak Sumanato dan Bidang Kurikulum Bapak Sugianto serta Dewan guru ( Ibu Hestin, Ibu Siti Jamilah, Bapak Iwan Setiawan, Bapak AWD Al-Hidjazi, Bapak Edi Subandi, Bapak Edi Tajudin, Bapak Purba, dll.) mengumpulkan semua siswa dan memberikan pengarahan dan mengingatkan para siswa agar jika lulus jangan terlalu bergembira dan jika gagal jangan terlalu ber sedih. Bagi yang lulus itu adalah awal dari perjuangan selanjutnya, jangan puas sampai disini saja... gapailah cita-citamu... sedangkan bagi yang gagal ini adalah pelajaran yang sangat berharga dan kesempatan kedepan masih terbuka asal mau berusaha. Suasana pertemuan sangat haru karena banyaknya siswa yang menangis dan tidak sabaran untuk mendengarkan hasil kelulusan mereka. Pengumuman dilakukan menggunakan amplop tertutup yang di sampaikan kepada siswa masing-masing oleh wali kelas. Suasana haru dan mencekam kian terasa saat siswa mulai membuka amplop yang mereka terima, ada yang menangis, ada yang teriak, ada yang sujud syukur dan ada yang langsung berpelukan. Setelah itu para siswa satu persatu datang dan menyalami dewan guru-guru yang hadir di ruangan. Selamat Nak... gapailah cita-cita dan impianmu... Do'a kami para gurumu selalu menyertai kalian. Berbaktilah kepada kedua orang tua, keluarga, Bangsa, Negara dan Agamamu. Jadilah kalian profesional dibidang kalian masing-masing.

Pertanyaan Umum Mengenai Blog :

Pertanyaan Umum

Berikut ini adalah jawaban untuk pertanyaan umum. Anda dapat menemukan lebih banyak konten bantuan dalam bahasa berikut ini:

Deutsch
English (US)
English (UK)
Español
Français
Italiano
Nederlands
Português (Brasil)
Русский
中文(简体)
中文 (繁體)
日本語
한국어
Dansk
Norsk
Suomi
Svenska
ภาษาไทย
Türkçe

Pertanyaan Umum:

  1. Bagaimana cara membuat account Blogger?
  2. Bagaimana cara membuat blog Blogger?
  3. Bagaimana cara mengirim ke blog saya?
  4. Bagaimana cara mengirim gambar?
  5. Saya tidak dapat login. Apa yang harus saya lakukan?
  6. Bagaimana cara menghapus blog?
  7. Bagaimana cara membatalkan account saya?
  8. Dapatkah saya memiliki blog yang menerima posting dari beberapa orang?
  9. Bagaimana menambahkan foto ke profil saya?
  10. Bagaimana cara menyapkan koneksi FTP (atau sFTP) ke host web eksternal?
  11. Bagaimana cara menggunakan domain kustom pada blog saya?
  12. Bagaimana Cara Kerja Blogger Mobile ?
  13. Bagaimana cara memberi label ke posting saya?
  14. Bagaimana cara menempatkan Adsense di dalam blog saya?
  15. Bagaimana mengaktifkan feed situs untuk blog saya?
  16. Apakah tombol "Tandai" itu?
  17. Bagaimana menengahi komentar di blog saya?
  18. Bagaimana cara Menggunakan fitur Tataletak Blogger?
  19. Mengapa saya dihadapkan pada verifikasi kata di dalam formulir posting saya?
  20. Mengapa blog saya tidak aktif?
  21. Apakah saya bisa menggunakan cara pintas keyboard saat mengirim?
  22. Bagaimana cara menggunakan fitur transliterasi?
  23. Bagaimana cara menggunakan editor post Blogger?
  24. Di mana dapat membeli nama domain kustom untuk blog saya?
  25. Bagaimana cara mengubah format tanggal yang ditampilkan pada blog saya?
  26. Apakah template posting itu?
  27. Apakah yang disebut dengan backlink dan bagaimana cara menggunakannya?
  28. Apa saja opsi verifikasi kata?
  29. Dapatkah saya mengedit HTML dari tataletak blog?
  30. Di manakah judul blog saya akan terlihat?
  31. Apakah URL itu?
  32. Apa tugas dari pengaturan "daftar"?
  33. Apa tugas dari pengaturan penyandian?
  34. Apakah Server FTP itu?
  35. Apakah lintasan FTP itu?
  36. Apakah perbedaan antara publikasi ulang indeks dan publikasi ulang keseluruhan blog?

1. Bagaimana cara membuat account Blogger?

Pada homepage Blogger, klik tombol "Buatlah Blog Anda Sekarang". Pada halaman berikut, Anda akan diminta untuk membuat Google Account. Anda dapat menggunakan Google Account pada layanan Google lainnya. Jika Anda sudah memiliki Google Account mungkin dari Gmail, Google Group, atau Orkut, silakan sign in terlebih dahulu. Setelah Anda sign in, Anda harus memasukkan nama layar dan menerima Syarat Layanan Blogger. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk membuat blog dan memulainya!

2. Bagaimana cara membuat blog Blogger?

Sebelum dapat membuat blog gratis di Blog*Spot, yaitu layanan hosting Blogger, Anda harus telah membuat account pada blogger.com. Setelah Anda login ke blogger.com, klik link "Buat Blog". Pada Langkah 2, masukkan judul dan alamat (URL). Anda juga harus mengetikkan kata verifikasi yang ditampilkan di halaman ini. Setelah selesai, klik "lanjutkan". Pada langkah 3, Anda dapat memilih template untuk blog Anda; itulah tampilan yang akan muncul ketika Anda mempublikasikannya. Selanjutnya, Blogger akan membuat blog baru Anda dan mencadangkan spot Anda di BlogSpot. Segera setelah Anda membuat posting pertama, halaman Anda akan muncul di alamat yang Anda pilih.

3. Bagaimana cara posting ke blog saya?

Pada Dashboard Anda, klik link "Posting Baru" di sebelah blog yang ingin Anda kirimi. Berikutnya, Anda akan melihat halaman Buat Posting Baru. Awali dengan memberikan judul pada posting Anda (opsional), kemudian masukkan posting-nya. Setelah selesai, klik link "Pratinjau" untuk memastikan bahwa posting sudah siap. Setelah Anda puas dengan posting Anda, klik tombol "Publikasikan". Ini akan mempublikasikan posting baru Anda.

4. Bagaimana cara mengirim gambar?

Anda dapat meng-upload foto dengan menggunakan ikon gambar pada toolbar editor posting. Ketika Anda meng-klik ikon ini, akan muncul jendela di mana Anda bisa memilih satu atau beberapa gambar dari komputer Anda. Klik tombol "Browse" untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Atau, Anda bisa memasukkan URL dari gambar yang sudah online untuk dimasukkan ke dalam posting Anda. Apabila Anda meng-klik link untuk memilih tataletak, Anda bisa mengatur cara gambar Anda muncul di posting Anda. Opsi di sebelah kiri, tengah dan kanan akan menentukan bagaimana teks dari posting Anda akan mengalir di sekitar gambar. Opsi ukuran ini memungkinkan Anda mengatur skala gambar ke ukuran yang berbeda di area posting.

5. Saya tidak dapat login. Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda lupa informasi Google Account, Anda dapat memulihkan informasi login Google Account dengan meng-klik "?" di sebelah "Sandi" pada halaman login Blogger atau Anda dapat menggunakan halaman Bantuan Sandi pada Google Account.

Ingat bahwa nama pengguna Google Account Anda adalah alamat email lengkap yang Anda gunakan untuk membuat account (mis. yourname@example.com).

Jika Anda dapat login pada account Anda tetapi tidak melihat blog yang sesuai pada Dashboard, kemungkinan besar Anda login ke account yang salah. Dalam hal ini, cobalah untuk login dengan semua alamat email Anda, menggunakan formulir Bantuan Sandi bila perlu. Silakan mencoba yang berikut ini meskipun Anda berpikir hanya mempunyai satu account. Kami melihat banyak kasus di mana orang secara tidak sengaja telah membuat account tambahan tanpa menyadarinya, jadi memeriksa sendiri account Anda biasanya merupakan cara tercepat untuk mendapatkan kembali blog Anda.

6. Bagaimana cara menghapus blog?

Untuk menghapus seluruh blog Anda , buka tab Pengaturan | Dasar. Di sini, pastikan bahwa Anda benar-benar berada pada blog yang ingin dihapus secara permanen dari account Anda. Kemudian klik "Hapus Blog Ini". Apabila blog Anda ada di server Anda sendiri, filenya tidak akan dihapus. Anda dapat menghapusnya secara manual dengan menyambung ke server lewat klien FTP.

7. Bagaimana cara membatalkan account saya?

Untuk menghapus Google Account, termasuk blog Anda, silakan login ke homepage Google Account. Setelah Anda login, klik link "Edit" di sebelah daftar "Layanan Saya", dan Anda akan masuk ke halaman yang memungkinkan Anda menghapus account Anda. Harap diingat bahwa menghapus account akan menghapus semua layanan Google yang berhubungan dengan account tersebut, seperti profil orkut, halaman iGoogle, dan blog Blogger.

8. Dapatkah saya memiliki blog yang menerima posting dari beberapa orang?

Ya, ini disebut "blog tim". Pada dasarnya, satu orang mengawali pembuatan suatu blog, kemudian mengundang orang lain untuk bergabung. Anggota tim dapat menjadi administrator ataupun pengirim posting reguler. Administrator dapat mengedit semua posting (bukan hanya milik mereka sendiri), menambah dan menghapus anggota tim (dan memberi akses admin), dan mengubah pengaturan blog. Non-admin hanya dapat mengirim posting ke blog.

Untuk mengundang orang untuk bergabung ke blog, pertama buka tab Pengaturan | Izin dan klik "Tambah Pengarang". Kemudian, ketik alamat email orang yang Anda undang ke blog; dan mereka akan segera menerima email undangan. Ingat bahwa mereka harus memiliki Google Account, dan jika mereka belum memilikinya, mereka akan diminta untuk membuatnya. Setelah Anda siap mengirimkan undangan, klik "Undang". Anda akan menerima email ketika ada anggota tim baru yang berhasil bergabung dengan blog.

9. Bagaimana menambahkan foto ke profil saya?

Pertama, klik link "Edit Profil" pada dashboard Anda. Dari sana, masukkan URL gambar profil pada formulir, dan klik "Simpan" pada dasar halaman. Apabila Anda tidak mempunyai foto yang telah tersimpan di suatu tempat, Anda dapat mengirim dahulu gambar ke blog Anda. Begitu Anda selesai melakukannya, dari editor posting masuklah ke mode Edit HTML apabila Anda belum berada di sana. Sekarang salin URL foto dan tempelkan URL ini ke kolom "URL Foto" di dalam Profil Anda. Kemudian klik "Simpan" di bagian dasar halaman, dan selesai. Ingat bahwa ukuran gambarnya harus 50k atau lebih kecil.

10. Bagaimana cara menyiapkan koneksi FTP (atau sFTP) ke host web eksternal?

Kunjungi Pengaturan | Publikasi dan pilih metode koneksi. Lalu, masukkan pengaturan Anda. Setelah Anda selesai, simpan rincian server Anda lewat tombol Simpan Pengaturan di bagian bawah, dan publikasikan ulang blog Anda. Harap ingat bahwa nomor port default akan digunakan (:21 untuk FTP dan :22 untuk SFTP); penetapan port alternatif tidak akan bekerja. Jangan menyertakan http:// atau ftp:// di dalam alamat server atau pengaturan lintasan.

11. Bagaimana cara menggunakan domain kustom pada blog saya?

Jika tidak ingin memiliki blogspot.com di dalam alamat blog Anda, Anda bisa memperoleh domain Anda sendiri. Kami akan tetap menjadi host untuk semua konten seperti sebelumnya, tapi konten tersebut akan ditampilkan pada alamat baru Anda. Ada tiga komponen untuk menyiapkannya:

Domain Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih nama domain, seperti mysite.com dan mendaftarkannya. Anda dapat mendaftarkan nama domain dari pencatat pendaftaran apa pun .

Pengaturan DNS

Lalu, Anda perlu membuat data CNAME untuk domain Anda dengan DNS, yang menghubungkan domain Anda dengan ghs.google.com. Prosedur yang benar untuk melakukan hal ini berbeda-beda, tergantung pada pencatat pendaftaran domain Anda, jadi silakan langsung hubungi pencatat pendaftaran Anda dan mereka akan membantu Anda. Berhati-hatilah bahwa data DNS yang baru tidak dapat langsung diberlakukan.

Pengaturan Blogger

Hingga tahap ini , server DNS tahu cara mengarahkan orang menuju Google ketika mereka ingin melihat blog Anda, jadi kami harus memastikan Google mengaitkan blog yang benar dengan domain Anda. Anda melakukannya pada tab Pengaturan | Penerbitan untuk blog Anda di dalam Blogger. Apabila menerbitkan di Blog*Spot, Anda akan melihat sebuah link di dekat bagian atas yang menawarkan pengalihan ke domain kustom. Cobalah dan klik link tersebut. Pengaturan Alamat Blog*Spot sekarang berubah menjadi Domain Anda. Tulis domain yang Anda daftarkan di awal proses ini, kemudian simpan pengaturan Anda.

Catatan:

  • Apabila domain baru Anda tidak mengarah ke blog Anda, tunggu satu atau dua hari, untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Apabila domain belum mengarah dengan benar, hubungi pencatat pendaftaran untuk memastikan bahwa Anda telah memasukkan pengaturan DNS dengan benar.
  • Alamat Blog*Spot asli Anda akan meneruskan secara otomatis ke domain baru Anda. Dengan cara itu, link atau bookmark yang sudah ada di dalam situs Anda akan tetap bekerja.
  • Anda dapat menggunakan fitur ini dengan domain (misal, mysite.com) atau subdomain (misal, name.mysite.com). Namun, Anda tidak bisa menentukan subdirektori (misal, mysite.com/blog/) atau wildcard (misal, *.mysite.com).

12. Bagaimana cara kerja Blogger Mobile?

Untuk memulai blog mobile, kirimkan pesan (yang dapat berupa foto, teks atau keduanya) ke go@blogger.com dan kami akan memulai blog untuk Anda! Setelah mengirimkan pesan, Anda akan menerima balasan dengan URL blog mobile Anda dan sebuah token yang dapat Anda pakai untuk mengklaim blog baru Anda. Untuk mengklaim blog Anda, masukkan token ke dalam http://go.blogger.com. Mengklaim blog mobile Anda akan memberi akses penuh ke pengaturan dan fitur Blogger.com bagi Anda, sehingga Anda dapat mengaitkan blog ke Google Account, dan menggabungkan blog mobile ke blog yang sudah ada.

13. Bagaimana cara memberi label ke posting saya?

Apabila menulis suatu posting , Anda akan memiliki ruang di bagian bawah formulir yang ditandai "Label untuk posting ini". Masukkan label apa pun yang Anda suka, pisahkan dengan koma. Anda juga dapat meng-klik link "tunjukkan semua" untuk menampilkan daftar label yang telah Anda gunakan sebelumnya. Kemudian klik pada label untuk menambahnya. Ketika Anda mempublikasikan posting Anda, label akan didaftar dengan label ini. Klik label mana pun untuk membawa Anda ke halaman yang hanya berisi posting dengan label tersebut. Anda juga dapat menambah daftar semua label Anda di sidebar blog Anda, diurutkan sesuai abjad atau berdasarkan frekuensi penggunaannya.

14. Bagaimana cara menempatkan Adsense di dalam blog saya?

Untuk menempatkan AdSense di blog Anda, klik tab Template atau Tataletak untuk blog Anda. Di dalam blog dengan Tataletak yang aktif, tambahkan elemen halaman baru dan pilih opsi AdSense. Apabila Anda menggunakan template klasik, pilih link "AdSense" pada tab Template. Anda akan dapat memilih ukuran untuk iklan Anda dan mengatur bagaimana tampilannya di dalam blog Anda.

15. Bagaimana mengaktifkan feed situs untuk blog saya?

Pertama, kunjungi tab Pengaturan | Feed Situs. Di sini, Anda akan memiliki satu opsi sederhana, di mana Anda dapat memilih berapa konten yang ingin Anda sindikasikan. "Lengkap" akan menempatkan keseluruhan konten setiap kiriman ke dalam feed situs Anda, sementara "Singkat" hanya berisi kutipan dari awal tiap kiriman. Opsi "Tidak Ada" akan mematikan feed situs Anda secara keseluruhan.

16. Apakah tombol "Tandai" itu?

Fitur ini disebut dengan "Tandai Seabgai Meragukan" dan dapat diakses melalui Navbar Blogger. Tombol "Tandai?" memungkinkan komunitas blogging mengingat dengan mudah konten yang meragukan, sehingga membantu kami mengambil langkah yang diperlukan. Ketika seseorang yang mengunjungi blog meng-klik tombol "Tandai?" pada Navbar Blogger, ini berarti bahwa mereka yakin bahwa konten blog tersebut mungkin tidak sopan atau ilegal. Kami menghitung berapa kali blog ditandai karena sesuatu yang kurang menyenangkan dan memakai informasi ini untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan. Perlu dicatat bahwa pengguna dapat meng-klik tombol untuk kedua kalinya untuk membatalkan tanda yang sudah mereka terakan.

17. Bagaimana menengahi komentar di blog saya?

Anda dapat menemukan pengaturan moderasi komentar pada tab Pengaturan | Komentar. Pengaturan ini hanya berupa opsi ya/tidak yang sederhana. Memilih "ya" untuk opsi ini akan memberi Anda ruang untuk masuk ke alamat email Anda. Anda bisa memoderasi komentar via email tanpa mempengaruhi pengaturan pemberitahuan komentar reguler Anda. Pengaturan ini opsional, karena Anda selalu bisa memoderasi komentar melalui antarmuka Blogger. Jadi, atur opsi ke "ya", kemudian masukkan alamat pemberitahuan bila perlu, simpan pengaturan, dan tunggu komentar Anda selanjutnya.

Semua komentar yang masuk kini akan menuju halaman khusus "Moderasikan Komentar", yang dapat Anda temukan di bawah tab Pengiriman: Pada halaman ini, Anda akan melihat sebuah daftar dari semua komentar yang telah dibuat tetapi belum disetujui maupun ditolak. (Daftar ini tidak mencakup komentar yang dibuat oleh anggota admin blog.) Setiap baris di dalam daftar menampilkan bagian awal komentar, nama penulis, dan waktu pembuatannya. Klik segitiga di sebelah kiri untuk memperluas baris yang menunjukkan teks lengkap dari komentar, bersama-sama dengan link "Publikasikan" dan "Tolak", yang dapat Anda gunakan untuk menyetujui atau menolak komentar tersebut.

Keseluruhan proses ini dapat juga dilakukan lewat email. Apabila Anda memasukkan alamat email untuk moderasi, Anda akan mendapatkan pesan untuk setiap komentar yang akan berisi link "Publikasikan" dan "Tolak", serta link menuju halaman moderasi utama bagi blog.

18. Bagaimana cara Menggunakan fitur Tataletak Blogger?

Pertama, temukan nama blog Anda pada dashboard, dan klik link "Template" di sebelahnya. Jika link ini menampilkan "Tataletak", hal ini berarti Anda telah menggunakan fitur Tataletak dan Anda dapat melewati langkah-langkah awal ini. Pada halaman Template, lihat pada link navigasi untuk tab bertuliskan "Kustomisasi Desain Anda" dan klik tab tersebut. Anda akan menerima pesan yang menjelaskan bahwa Blogger akan membuat cadangan dari template Anda yang sekarang. (Cadangan tersebut akan tersedia tanpa batas waktu, sehingga Anda akan dapat kembali ke sini kelak.) Klik pada tombol "Upgrade Template Anda" untuk melanjutkan. Kemudian, pilih salah satu dari desain template default, klik "Simpan Template", dan bereslah sudah.

Setelah template di-upgrade, Anda dapat mengatur unsur pada template untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Cukup klik unsur yang ingin Anda pindah lalu seret dan jatuhkan unsur di mana pun yang Anda inginkan. (Catatan: pada kebanyakan template, Anda dapat memindahkan semua unsur kecuali Navbar, posting blog dan tajuk.) Anda dapat menambahkan beberapa unsur halaman ke halaman blog atau sidebar Anda dengan meng-klik "Tambahkan Unsur Halaman". Ini akan membuka jendela pop-up yang memungkinkan Anda menambah unsur pada blog Anda dengan meng-klik "Tambahkan ke Blog" pada bagian unsur yang dikehendaki:

19. Mengapa saya dihadapkan pada verifikasi kata di dalam formulir posting?

Verifikasi kata pada formulir posting merupakan mekanisme untuk mengurangi spam bagi BlogSpot secara umum. Ada dua penyebab potensial:

Spam Potensial

Pada kasus ini, verifikasi kata berlaku untuk beberapa blog spam potensial tertentu melalui sistem otomatis. Karena sistem ini otomatis, maka mungkin akan ada beberapa positif salah (false positive), sekalipun kami senantiasa bekerja menyempurnakan alogaritma guna menghindari hal-hal tersebut. Adanya verifikasi kata pada formulir kiriman tidak akan mencegah Anda untuk mempublikasikan dan tidak berarti bahwa blog Anda akan dihapus atau dihukum kalau memang tidak melanggar kebijakan kami. Untuk menghindari ketidaknyamanan lebih lanjut saat publikasi, klik ikon "?" (tanda tanya) di sebelah verifikasi kata pada formulir posting Anda. Anda akan dibawa ke halaman di mana Anda dapat meminta kajian untuk blog Anda. Kami akan meminta seseorang untuk melihatnya, memverifikasi bahwa ini bukan spam, kemudian memasukkan blog Anda ke dalam daftar putih sehingga blog Anda tidak lagi memunculkan verifikasi kata.

Tingkat Posting Tinggi

Apabila Anda banyak mengirim posting dalam satu hari, Anda akan diminta melengkapi verifikasi kata untuk setiap posting, terlepas apakah blog Anda sudah atau belum dinyatakan sebagai spam potensial. Apabila hal ini terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi verifikasi kata untuk setiap posting, atau tunggu 24 jam, di mana verifikasi akan dihapus secara otomatis. Pembatasan ini dilakukan untuk mengontrol beban server kami serta untuk mencegah spam eksplisit. Oleh karena itu, tidak ada proses kajian daftar putih untuk menyingkirkan suatu blog.

20. Mengapa blog saya tidak aktif?

Kondisi tidak aktif ini merupakan akibat dari sistem klasifikasi otomatis yang menandai blog sebagai spam. Apabila blog Anda bukan merupakan blog spam, maka blog Anda telah keliru diklasifikasikan oleh sistem otomatis kami dan kami mohon maaf karenanya. Apabila blog Anda tidak aktif, blog akan terdaftar pada Dashboard, namun Anda tidak dapat mengakses masuk ke sana. Jika demikian halnya, akan ada masa tenggang di mana selama itu Anda dapat meminta agar blog Anda dikaji dan dipulihkan.

21. Dapatkah saya menggunakan cara pintas keyboard saat mengirim posting?

Blogger memiliki beberapa cara pintas keyboard yang dapat digunakan ketika mengedit posting. Cara pintas tersebut berfungsi di Internet Explorer 5.5+/Windows dan keluarga Mozilla (1.6+ dan Firefox 0.9+), dan mungkin juga di browser lainnya. Berikut ini adalah jalan pintas tersebut:

  • control + b = Cetak Tebal
  • control + i = Cetak Miring
  • control + l = Blockquote (hanya pada mode HTML)
  • control + z = Undoh
  • control + y = Redoh
  • control + shift + a = Link
  • control + shift + p = Pratinjau
  • control + d = Simpan sebagai Draft
  • control + s = Publikasikan Kiriman
  • control + g = Transliterasi bahasa Hindi

22. Bagaimana cara menggunakan fitur transliterasi?

Blogger menawarkan opsi transliterasi untuk mengkonversi karakter Roma menjadi karakter Devanāgarī yang digunakan dalam bahasa Hindi. Ini memungkinkan Anda mengetik kata-kata Hindi secara fonetik dalam skrip bahasa Inggris dan tetap menampilkan bahasa Hindi dengan abjad yang benar. Untuk mengaktifkan fitur ini, kunjungi halaman Pengaturan| Dasar serta pilih "Ya" untuk opsi transliterasi. Pengaturan ini akan mempengaruhi semua blog pada account Anda, yang sama seperti pengaturan Mode Tulis.

23. Bagaimana menggunakan editor posting Blogger?

Editor posting Blogger memiliki 3 mode:

  • Tulis: Mode WYSIWYG di mana Anda dapat memanipulasi teks dengan tombol format.
  • Edit HTML: mode mentah di mana Anda mengedit html secara manual.
  • Pratinjau: mengubah tampilan kiriman lengkap, termasuk Judul, link dan gambar-nya.

Untuk beralih ke mode-mode tersebut, klik saja daftar link yang sesuai. Tombol format hanya tersedia pada browser tertentu.

Fitur, dari kiri ke kanan:

  • Font
  • Ukuran huruf
  • Tebal
  • Miring
  • Warna huruf
  • Link
  • Rata kiri
  • Tengah
  • Rata kanan
  • Rata penuh
  • Daftar (nomor) urut
  • Daftar (butir) tidak urut
  • Blockquote
  • Pemeriksa ejaan
  • Upload gambar
  • Menghapus format dari bidang pilihan

24. Di mana dapat membeli nama domain kustom untuk blog saya?

Ada banyak perusahaan di mana Anda dapat membeli nama domain, biasanya untuk harga tahunan yang sangat terjangkau. Pencarian Google untuk domain registrar akan menampilkan sejumlah opsi. Anda juga dapat menjelajahi melalui daftar ini:

25. Bagaimana cara mengubah format tanggal yang ditampilkan pada blog saya?

Anda dapat mengubah format tanggal, baik untuk link posting dan arsip dengan cara mengedit pengaturan blog Anda. Pada halaman Pengaturan| Format, terdapat kolom untuk "Format Tajuk Tanggal" dan "Format Tanggal Indeks Arsip". Kedua kolom meliputi menu buka bawah yang berisi opsi format untuk menampilkan tanggal. (Tajuk Tanggal biasanya terletak di atas kiriman Anda dan Indeks Arsip biasanya berupa daftar link arsip pada sidebar Anda). Klik "Simpan Pengaturan" di bagian dasar halaman jika Anda telah selesai.

26. Apakah template posting itu?

Template posting akan menghemat waktu pengguna dengan mem-praformat editor posting. Beberapa pengguna ingin agar posting mereka diformat dengan cara tertentu. Misalnya, beberapa mungkin ingin menghubungkan ke artikel pada baris pertama, kemudian mengutip lagi di bawahnya. Dalam hal ini, tag blockquote dan link dapat dimasukkan ke dalam template posting dan mereka akan muncul, dan siap untuk diisi, pada setiap posting baru.

27.Apakah yang disebut dengan backlink dan bagaimana cara menggunakannya?

Backlink memungkinkan Anda melacak halaman lain di dalam web yang terhubung dengan posting Anda. Apabila teman Anda menghubungkan ke salah satu posting Anda, misalnya, maka posting itu akan secara otomatis menunjukkan ada orang lain yang telah menghubungkannya ke posting ini, dan posting ini akan menyediakan cuplikan teks dan link ke posting teman Anda tersebut. Pengaturan backlink dapat ditemukan di bawah tab Pengaturan | Komentar dan berisi satu opsi sederhana untuk menghidupkan atau mematikannya. Apabila diaktifkan, Anda akan melihat link yang bertanda "Link ke kiriman ini" di sebelah link komentar untuk setiap posting.

28. Apa saja opsi verifikasi kata?

Opsi "verifikasi kata" dapat ditemukan pada tab Pengaturan | Komentar pada blog Anda. Apabila Anda memilih "ya" untuk pengaturan ini, maka orang-orang yang meninggalkan komentar di blog Anda perlu melengkapi langkah verifikasi kata, sama dengan yang tampil saat Anda membuat blog: Apa yang dilakukan adalah mencegah penambahan komentar ke dalam blog Anda di dalam sistem otomatis ini, karena ini membutuhkan seseorang untuk membaca dan melewati tahap ini. Apabila Anda pernah menerima komentar seperti yang Anda jumpai pada iklan atau link acak untuk situs yang tidak ada sangkut-pautnya, berarti Anda telah menjumpai spam komentar. Banyak hal seperti ini yang dilakukan secara otomatis oleh perangkat lunak yang tidak lolos verifikasi kata, sehingga mengaktifkan opsi ini merupakan tindakan yang baik untuk menghindari banyaknya komentar yang tidak diinginkan seperti itu.

29. Dapatkah saya mengedit HTML dari tataletak blog?

Tentu , kunjungi saja tab Template | Edit HTML. Hal pertama pada halaman ini adalah opsi untuk men-download salinan template Anda ke file teks di hard drive. Kami sangat menganjurkan agar Anda melakukan ini sehingga Anda mudah kembali dengan meng-upload lagi file yang sama. Berikut ini adalah kode aktual untuk template Anda. Anda akan melihat kode itu terlihat seperti HTML dan CSS biasa, tetapi di dalamnya ada banyak tag kustom yang membuatnya cocok dengan editor tataletak seret-dan-jatuhkan, dan dengan pemilih font dan warna.

30. Di manakah judul blog saya akan terlihat?

Judul blog Anda, yang diatur di dalam tab Pengaturan | Dasar pada Blogger, bisa terlihat di banyak tempat: Pada publikasi blog Anda, pada Dashboard Anda, di dalam profil Anda, dan di daftar "Baru Saja Diperbarui" pada Dashboard (jika Blog Anda tercantum di daftar). Maka usahakan blog Anda kreatif!

31. Apakah URL itu?

URL adalah lokasi dari sebuah file di dalam web. Beberapa contoh URL antara lain http://www.blogger.com/, atau http://myblog.blogspot.com/. URL yang Anda pilih akan digunakan oleh pengunjung, atau Anda sendiri, untuk mengakses blog Anda.

Selama proses pembuatan blog, Anda akan diminta untuk memilih URL bagi blog Anda bila Anda ingin blog itu diperkenalkan di dalam Blog*Spot. Karena sudah ada banyak blog di Blog*Spot, Anda perlu semakin kreatif dan mungkin perlu mencoba beberapa hal yang berbeda dari sebelum Anda menemukan blog yang ada. Satu hal yang perlu diingat ketika memilih URL untuk blog Anda adalah tanda hubung atau hyphen (yang juga dikenal sebagai dash, - ) sebagai satu-satunya karakter non-alphanumeric yang diperbolehkan. Spasi tidak diperbolehkan, begitu juga garis bawah atau underscore (_) atau karakter khusus lainnya.

32. Apa tugas dari pengaturan "daftar"?

Pengaturan "Tambahkan blog Anda ke daftar kami?" menentukan apakah blog Anda akan muncul di blogger.com atau tidak - lebih khusus lagi, untuk daftar blog di halaman profil Anda dan blog yang baru saja diperbarui akan muncul di homepage Blogger. Anda dapat menemukan pengaturan ini pada halaman Pengaturan | Dasar. Catatan: Apabila template blog Anda menggunakan tag BlogMetaData, mematikan tag ini akan berakibat blog Anda tidak akan dijelajahi oleh mesin pencari.

33. Apa tugas dari pengaturan penyandian?

Pengaturan penyandian memberitahu browser web tentang bagaimana menampilkan blog Anda. Ini tidak begitu penting bagi blog berbahasa Inggris, namun mendasar bagi blog non-bahasa Inggris agar dapat ditampilkan secara benar. UTF-8 dipilih secara default, karena dapat mendukung semua bahasa. Namun dalam beberapa hal, Anda perlu penyandian yang lain. Dan apabila penyandian yang Anda inginkan tidak ada di daftar, mohon beritahu kami dan kami akan segera menambahkannya.

34. Apakah Server FTP itu?

Server FTP adalah sebuah komputer yang menggunakan FTP untuk menerima file yang di-upload oleh pengguna. Alamat server FTP Anda biasanya terlihat seperti berikut: ftp.example.com

Ketika Anda membeli layanan hosting, Anda harus memiliki alamat server FTP untuk digunakan. Apabila Anda tidak memiliki informasi ini atau Anda ragu tentangnya, hubungi penyedia hosting Anda.

Catatan:

  • Nomor port deafult akan digunakan (:21 untuk FTP dan :22 untuk SFTP). Menetapkan port alternatif tidak akan bekerja.
  • Dan jangan menyertakan http:// atau ftp:// di dalam alamat server.

35. Apakah lintasan FTP itu?

Lintasan FTP memberitahu Blogger di mana file blog Anda ditempatkan di dalam server. Lintasan FTP harus berformat seperti di bawah ini:

directory/directory/ (pastikan menyertakan garis miring di belakang)

Apabila Anda sudah mengenal FTP, lintasan Anda adalah direktori web Anda yang dapat diakses. Misalnya, ini mungkin berupa 'htdocs' atau 'www' atau 'public_html,' atau, apabila Anda ingin menempatkan blog Anda pada sebuah subdirektori, 'htdocs/blog/' dst.

Apabila semua penjelasan ini terkesan rumit, coba hubungi penyedia hosting untuk bantuan. Mereka dapat memberitahu Anda bagaimana menyiapkan server khusus.

Catatan:

  • JANGAN gunakan http://, ftp:// atau alamat server pada lintasan.
  • Direktori yang Anda tentukan harus sudah ada di dalam Server FTP Anda.
  • Direktori tidak boleh berupa lintasan absolut - direktori harus relatif terhadap lokasi akar ftp di server.

36. Apakah perbedaan antara publikasi ulang indeks dan publikasi ulang seluruh blog?

Apabila Anda memiliki blog FTP, Anda masih harus mempublikasikan kembali blog Anda secara berurutan untuk mencerminkan pembaruan Anda. Publikasikan Ulang Indeks Saja artinya hanya halaman indeks (dan feed situs, apabila diaktifkan) yang akan dipublikasikan ulang.

Publikasikan Ulang Seluruh Blog akan mempublikasikan seluruh blog - halaman indeks, feed, arsip & halaman posting. Ini akan memberlakukan perubahan template terbaru Anda ke semua halaman blog Anda. Ini akan berlangsung beberapa saat apabila Anda telah memiliki banyak posting.

Apakah informasi ini bermanfaat?

Blogger - Menghubungi Kami - Bantuan untuk produk Google lainnya -

©2010 Google - Halaman Mu

Pengelolaan Bahan Limbah Berbahaya & Beracun (B3)

Acuan Akhir Penanganan Tanah Terkontaminasi Limbah B3

Saat ini standar atau baku mutu pengolahan lahan terkontaminasi yang sudah dimiliki Kementerian Negara Lingkungan Hidup adalah KepMen LH No 128 Tahun 2003 tentang tata cara dan persyaratan teknis pengolahan limbah minyak bumi dan tanah terkontaminasi oleh minyak bumi secara biologis, namun belum ada baku mutu untuk pengelolaan tanah terkontaminasi limbah B3 dari kontaminan senyawa lainnya.

1. Penanganan Tanah Terkontaminasi Limbah Minyak Bumi

Salah satu cara pengolahan limbah minyak dan tanah terkontaminasi oleh minyak bumi adalah pengolahan secara biologis yang meliputi landfarming, biopile dan composting. Tata cara dan persyaratan teknisnya telah diatur dalam Kepmen LH No 128 tahun 2003. Limbah yang akan diolah dengan metode biologis harus dianalisa terlebih dulu kandungan minyak dan/atau Total Petroleum Hydrocarbon (TPH), total logam berat dan TCLP logam berat. Konsentrasi maksimum TPH awal sebelum proses pengolahan biologis adalah tidak lebih dari 15%. Sedangkan nilai akhir hasil akhir pengolahannya adalah TPH 10.000 mg/Kg. Persyaratan lainnya tertuang dalam Kepmen LH No 128 tahun 2003.

2. Penanganan Tanah Terkontaminasi Limbah dari Kontaminan Senyawa Lainnya

Kualitas tanah yang sangat bervariasi serta beragamnya jenis limbah industri menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan standar atau baku mutu tanah terkontaminasi limbah B3. Keberadaan reference ataupun acuan sangat diperlukan dalam penanganan lahan terkontaminasi limbah B3. Mengingat saat ini baku mutu tanah terkontaminasi yang sudah dimiliki adalah baku mutu untuk tanah terkontaminasi limbah minyak bumi dan belum ada untuk baku mutu tanah terkontaminasi akibat limbah kontaminan lainnya, maka acuan yang dipakai sebagai pengganti baku mutu tanah terkontaminasi akibat limbah lainnya adalah kriteria tanah yang mengacu pada pengambilan Titik Reference/Background dan Study Risk Base Screening Level (RBSL).

2.1 Baku Mutu

Pada saat ini pemerintah belum memiliki standar atau baku mutu untuk pengelolaan tanah terkontaminasi limbah B3 dari kegiatan lainnya. Baku mutu pengelolaan limbah B3 yang sudah ada saat ini adalah Baku mutu total kadar maximum limbah B3 dan Toxicity Charateristic Leaching Procedure (TCLP) yang ada di Kepdal No. 04/09/1995 tentang tatacara persyaratan penimbunan hasil pegolahan, persyaratan lokasi bekas pengolahan dan lokasi bekas penimbunan limbah bahan berbahaya dan beracun tidak dapat secara otomatis/langsung dijadikan acuan sebagai pengganti baku mutu untuk tanah terkontaminasi limbah B3. Baku mutu Total Kadar Maximum Limbah B3 dan TCLP yang ada dalam Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan No 04 /09/1995 ini tidak bisa mewakili nilai bebas terkontamisi limbah B3. Total kadar maximum limbah B3 adalah baku mutu untuk menentukan apakah suatu limbah B3 termasuk kategori landfill kelas I, II,atau III, sedangkan Uji TCLP adalah uji untuk mengukur kadar/konsentrasi parameter dalam lindi dari limbah B3 dan menunjukkan angka layak tidaknya limbah untuk dilandfil.

Dalam penanganan lahan terkontaminasi limbah B3 dari industri, Baku mutu dalam Kepdal No. 04/09/1995 ini hanya digunakan untuk menangani kasus kasus tertentu seperti pengangkatan (clean up) bunker limbah B3 dari bekas painting sludge dari kegiatan industri otomotif.

2.2 Titik Reference

Metode berdasar titik reference ini biasanya digunakan apabila belum memiliki standar atau Baku Mutu lahan terkontaminasi. Metoda pengambilan titik reference ini sangat sederhana yaitu membandingkan tanah sekitar yang belum tercemar untuk dijadikan acuan akhir (reference) penanganan lahan terkontaminasi. Kriteria unsur yang perlu dianalisa dari titik reference ini disesuaikan dengan kemungkinan jenis unsur atau senyawa kontaminan utamanya.

Hasil pengukuran karakteristik tanah yang dijadikan sebagai reference (acuan) atau pembanding dalam penanganan lahan terkontaminasi dapat menunjukan karaktristik tanah yang cukup bervariasi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Beberapa kasus penanganan lahan terkontaminasi yang menggunakan titik reference sebagai acuan akhir dalam pengananan lahan terkontaminasinya adalah pengangkatan tanah terkontaminasi residu limbah industri di Bekasi dan sludge oil di unit pengolahan minyak di Balikpapan.

Tabel dibawah ini adalah beberapa karakteristik tanah reference di beberapa contoh kasus penanganan yang dijadikan sebagai acuan akhir dalam penanganan lahan terkontaminasi limbah B3.

Total Kadar Maximum Tanah Reference di Bekasi

Kedalaman Tanah

0 cm

(mg/dry Kg)

30 cm

(mg/dry Kg)

60 cm

(mg/dry Kg)

As

Pb

Hg

Ni

Zn

3.6

29

0.15

8

125

3.2

22

0.27

13

79.2

3.9

26

2.16

6

28.4

TCLP Tanah Reference di unit pengolahan minyak di Balikpapan

Kedalaman Tanah

0 cm

(mg/L)

40 cm

(mg/L)

80 cm

(mg/L)

As

Ba

B

Cd

Cr

Cu

Pb

Hg

Ag

Zn

0.005

0.010

0.706

0.005

0.030

0.005

0.166

0.001

0.030

1.808

0.005

0.010

0.577

0.005

0.030

0.009

0.174

0.001

0.030

1.696

0.005

0.010

0.577

0.005

0.030

0.013

0.003

0.001

0.030

1.879

2.3 Studi Risk Base Screening Level (RBSL)

Studi RBSL ini biasanya digunakan untuk kasus tertentu apabila acuan yang ada seperti baku mutu ataupun titik reference tidak bisa dicapai sehingga dalam penanganan lahannya disepakati untuk mengacu kepada standar lain yang ada dinegara lain yang paling mendekati kondisi lokasi terjadinya lahan terkontaminasi. Studi RBSL yang di adopsi dan sudah dipakai KLH adalah studi RBSL yang dikeluarkan oleh USEPA Region IX.

Contoh kasus penanganan lahan terkontaminasi yang menggunakan studi RBSL adalah pengananan lahan terkontaminasi limbah bekas baterai di Bogor. Dalam kasus penanganan limbah bekas baterai ini, unsur limbah yang menjadi prioritas utama adalah unsur Cd dan Zn. Mengingat kedua unsur limbah tersebut yang menjadi prioritas utama maka USEPA Region IX dipilih sebagai region yang lebih sesuai dengan kondisi tanah di Indonesia.

Total Kadar Maximum Hasil Studi RBSL USEPA Region IX

Karakteristik

Konsentrasi

(mg/Kg)

Cd

Zn

37

23000

OTAK MANUSIA :

Otak manusia pada umumnya hanya dapat menjalankan 3 (tiga) ingatan pada saat bersamaan. Orang dewasa mengembangkan kapasitas ini dengan mengelompokkan berbagai ingatan menjadi kategori hirarki, seperti nomor telepon pada kelompok angka-angka. Baru-baru ini para peneliti menemukan bahwa bayi juga melakuan hal yang sama, secara otomatis mengategorisasikan objek untuk meningkatkan kapasitas ingatan.